← Back to portfolio

4 Rekomendasi Platform Podcast GRATIS Buat Kamu!!!

Published on

Buat kamu yang ingin belajar Digital Marketing atau Bahasa, tetapi tidak suka membaca buku karna terlalu tebal, terlalu banyak tulisan dan membuat kamu cepat bosan (seperti saya), sekarang kalian tidak perlu lagi khawatir.

Sekarang, perkembangan teknologi sudah berkembang, sudah banyak sekali para pebisnis membuat layanan yang memudahkan kita untuk melakukan segala sesuatu.

Mulai dari portal berita ataupun edukasi yang setiap harinya memberi kita berbagai informasi yang beragam dan unik-unik. Media-media tersebut berbagi informasi dengan berbagai macam, seperti gambar seperti di Instagram ataupun Pinterest, tulisan di blog ataupun portal-portal berita, video di Youtube, hingga suara atau podcast yang bisa kita dengarkan dimana saja dan kapan saja.

Podcast ini mungkin tidak terdengar asing bagi kita semua, karna sistem pembelajaran melalui podcast ini sering kita dengar dari kecil.

Saya ingat dulu guru saya selalu berkata, "kalau kamu tidak bisa fokus mendengarkan guru, atau tidak suka membaca buku, kamu boleh merekam suara saya di ponsel kamu sehingga kamu bisa mendengarkannya di rumah".

Setiap orang, memiliki cara belajarnya yang unik. Ada yang bisa belajar dengan melihat, ada yang bisa belajar dengan mempraktikannya, membaca buku, atau mendengarkan orang lain berbicara.

Podcast ini sangat bagus untuk kalian jika tipe kalian belajar adalah auditor. Kalian bisa mendengarkan para ahli berbicara di mana pun, dan kapan pun kalian berada. Seperti di dalam bis, kafe, atau lagi santai di rumah.

Dulu, kalian mungkin mengenal Podcast hanya sebagai wadah untuk kita belajar mendengar Bahasa Inggris, ataupun belajar pengetahuan saja, ada banyak genre podcast yang unik-unik seperti komedi, entertainment, gaya hidup dan lain-lainnya.

Yaaa kurang lebih seperti radio, tapi kita bisa dengan bebas mencari topik atau pembicara yang kita sukai.

Lalu, dimana kita bisa mendengarkan podcast?

Berikut, beberapa platform podcast yang bisa kamu coba!

Spotify
Buat kalian penggemar musik, mungkin aplikasi Spotify tidak asing buat kalian. Bagi yang belum tahu, Spotify juga menyediakan podcast yang banyak dari berbagai negara dengan genre yang berbeda-beda.

Untuk mendengarkan podcast dari Spotify, kalian bisa langsung mendengarkannya di ponsel kamu secara gratis (ada iklan) ataupun berbayar.

Anchor

Aplikasi Anchor ini tidak hanya menyediakan podcast, tetapi juga memberikan layanan membuat podcast kamu sendiri.

Jadi, kamu bisa dengerin podcast dari artis yang kamu sukai, tapi kamu juga bisa belajar membuat podcast dan juga bisa menerbitkan podcast kamu sendiri.

Enaknya lagi nih, di Anchor ada fitur monetized, jadi kamu bisa juga deh hasilin uang tambahan untuk jajan. Oh iya, Anchor ini gratis lo!

Podcast Addict

Ini adalah salah satu aplikasi podcast yang cukup popular karena kelengkapan playlist podcast yang tersedia sangat banyak di aplikasi ini. Bahkan, di aplikasi ini kamu bisa mendengarkan audio book juga siaran radio.

Tapi, Podcast Addict ini hanya tersedia untuk pengguna Android dan masih belum tersedia di Apple Store. Semoga mereka segera meluncurkan aplikasinya di Apple Store!

Google Podcast

Google juga punya aplikasi Podcast lo. Playlist yang tersedia di Google Podcast ini juga tidak kalah lengkap dengan aplikasi-aplikasi lainnya.

Enaknya menggunakan Google Podcast ini, dia bisa langsung terintegrasi dengan Google Search App dan Google Assistant yang memudahkan kita dalam mencari podcast yang ingin kita dengar.

Google Podcast ini tersedia di Android maupun iOS secara GRATIS!!!

Jadi, itu lah ke-empat aplikasi podcast rekomendasi versi Dear.Deer untuk kamu yang ingin belajar Bahasa ataupun topik-topik menarik lainnya.