← Back to portfolio

Yuk Ketahui Gaya Belajar Kamu!

Published on

Kalian tau gak sih, ternyata setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda lo! Ada yang merasa jika belajar sambil mendengarkan musik klasik sangat efektif, ada juga yang belajar sambil praktik jauh lebih efektif.

Kamu juga pastinya memiliki gaya belajar yang unik sendiri pastinya! Berikut beberapa gaya belajar yang bisa kamu terapkan!

  • VISUAL

Jika kamu adalah orang dengan tipe visual, maka belajar dengan menggunakan gambar, video, warna, grafik dan infografik dapat membantu kamu menyerap informasi lebih maksimal.

Teknik belajar Visual

  1. Menggunakan pulpen atau spidol warna-warni untuk menandai informasi penting.
  2. Ubah catatan menjadi mind map, kamu dapat menyusun format, mengelompokkan cabang-cabang, dan menghiasnya dengan warna, ilustrasi dan grafik.
  3. Masukan proses, konsep, dan ide ke dalam diagram.
  • Auditory

Untuk kamu yang tipenya sering mendengarkan guru atau dosen, kamu cocok nih dengan tipe belajar Auditory ini. Biasanya nih, orang-orang yang memiliki tipe gaya belajar Auditory ini, cenderung memahami informasi dari mendengarkan orang lain presentasi.

Teknik belajar Auditory

  1. Rekam suara guru atau dosen kamu ketika dikelas.
  2. Lakukan tanya jawab dengan teman kamu atau membuat kelompok diskusi.
  3. Kamu bisa belajar lebih banyak lagi dengan mendengarkan podcast.
  • Physical/Kinesthetic

Ciri-ciri orang yang bisa belajar dengan gaya Physical atau Kinesthetic ini, dapat dilihat apabila orang tersebut dapat langsung terlibat secara fisik dalam proses pembelajarannya. Biasanya nih, orang-orang yang seperti ini cenderung lebih suka belajar praktik daripada teori.

Teknik belajar Physical/Kinesthetic

  1. Kombinasikan belajar dengan olahraga atau permainan yang membutuhkan gerakan.
  2. Melihat dan mempraktikan langsung.
  3. Belajar sambil berdiri. Kamu bisa mencoba menggunakan standing book untuk belajar.
  • Logical/Mathematical

Jika kamu cenderung lebih mudah belajar dengan memahami informasi dengan analisis, maka kamu memiliki tipe belajar Logical / Mathematical. Tipe belajar ini cenderung lebih cepat melihat suatu hubungan antar konsep dan menyusunnya dengan terorganisir.

Teknik belajar Logical/Mathematical

  1. Buat poin-poin catatan supaya kamu dapat dengan mudah menghubungkan konsep-konsep penting.
  2. Pahami latar belakang konsep materi yang akan kamu pelajari.
  3. Buat diagram dan gambar untuk membantu kamu mengolah materi.

Dengan mengetahui teknik belajar yang cocok dengan kamu, akan membantu kalian lebih mudah dalam memahami materi belajar kalian. Jika kamu belum tahu gaya belajar kamu seperti apa, kamu bisa coba praktikan gaya-gaya belajar yang ada diatas. Gaya-gaya belajar tersebut juga dapat kamu kombinasikan lo supaya makin maksimal deh belajar kamu!

Good Luck!